Kamis, 30 Mei 2019

Pulau Weh, Nirwana Tersembunyi Di Ujung Sumatera


Pulau Weh merupakan pulau kecil yg lokasinya berada di pulau paling barat dari kepulauan yg ada di Indonesia, aslinya dahulu pulau weh ini masih menyatu dg pulau Sumatra, akhir meletusnya gunung berapi pada zaman Pleistosen mengakibatkan pulau ini terpisah dari Sumatera.


Pulau weh populer dg ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sbg suaka alam. Hiu bermulut besar sanggup ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yg statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo). Terumbu karang di sekitar pulau yg diketahui sbg habitat banyak sekali spesies ikan.
Keberadaan  Pulau Weh belum begitu tersentuh meskipun ukurannya tidak luas dan aksesnya mudah.

Kegiatan menyelam di Pulau Weh ialah acara rekreasi yg menyenangkan. Dengan dipandu penyelam yg berpengalaman dan pelatih menyelam siap mengatakan banyak sekali lokasi penyelaman menyerupai Taman Laut di Pulau Rubiah. Selain itu anda juga akan menemukan banyak binatang maritim yg menyenangkan, terutama pari manta, hiu, paus, lumba-lumba dan penyu.

Walaupun hanya pulau kecil, Keindahan alam dan panorama bawah maritim Pulau Weh yg eksotis akan mengatakan pengalaman yg tidak akan pernah terlupakan.

Artikel Terkait

Pulau Weh, Nirwana Tersembunyi Di Ujung Sumatera
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email