Rabu, 22 Mei 2019

Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali

 Pura Besakih merupakan pura terbesar dari pura yg ada di pulau Bali yg mengatakan pem Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali

Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali - Pura Besakih merupakan pura terbesar dari pura yg ada di pulau Bali yg mengatakan pemandangan yg indah dari setiap pura yg ada di komplek pura terbesar ini. Pura Besakih terletak di desa Besakih, kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali. Komplek Pura Besakih ini terdiri dari 1 Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan 18 Pura Pendamping (1 Pura Basukian dan 17 Pura Lainnya).

Nama Besakih berasal dari kata "Basuki", diambil dari kata "Wasuki" yg berarti Keselamatan dalam bahasa Sansekertanya. Sedangkan, dalam mitologi Samudramanthana, nama "Besuki" aslinya mengacu pada  "Naga Besukian", yg mendiami Gunung Agung, gunung berapi yg ada di Bali.
Komplek Pura Besakih dianggap sbg kawasan suci semenjak zaman kuno.  Berdasarkan catatan prasasti kuno 1007 Masehi. Diketahui bahwa semenjak masa ke-15, Besakih dianggap sbg sentra candi Hindu di Pulau Dewata Bali.

Keberadaan Pura Agung Besakih, tidak sekedar menjadi kawasan pemujaan terhadap Tuhan YME, berdasarkan akidah Agama Hindu Dharma, yg terbesar di pulau Bali, namun di dalamnya mempunyai keterkaitan latar belakang dg makna Gunung Agung. Sebuah gunung tertinggi di pulau Bali yg dipercaya sbg sentra Pemerintahan Alam Arwah, Alam Para Dewata, yg menjadi utusan Tuhan untuk wilayah pulau Bali dan sekitarnya. Sehingga tepatlah kalau di lereng Barat Daya Gunung Agung dibentuk bangunan untuk kesucian umat manusia, Pura Besakih yg bermakna filosofis.

Akses menuju Wisata Pura Agung Besakih
Untuk menuju Objek Wisata Pura Besakih, bila anda dari Kuta, diharapkan sekitar 2 jam untuk hingga di Pura Besakih. Anda cukup menuju ke timur ke arah Sanur, kemudian ikuti jalur pantai, yg terhubung ke Bypass Kusamba di Tohpati. Lalu ke utara hingga Anda menemukan tanda jalan menuju Besakih dan sesudah beberapa kilometer berbelok ke utara.

Jika Anda dari Klungkung, anda sanggup memakai transportasi umum ibarat Bemo dan bus umum berukuran kecil yg akan membawa Anda ke Besakih dari Klungkung. Bemo sering berangkat pada pagi hari dan disarankan untuk berganti bemo di Rendang, pertengahan antara Klungkung dan Besakih.

Jika Anda dari utara Denpasar dg kendaraan beroda empat jarak yg akan anda ditempuh sekitar 25 kilometer. Namun, bila Anda dari timur Bali ibarat di Tirta Gangga, Candidasa, atau Amed, Anda sanggup mencapai Besakih dg mengambil jalan pedalaman yg lebih kecil dari Karangasem. Jalur ini akan membawa Anda ke perempatan antara Besakih dan Klungkung di Rendang, kemudian berbelok ke kanan untuk mencapai Pura Besakih. Selama satu jam perjalanan Anda, Anda akan menikmati pemandangan indah dalam perjalanan melalui hutan, desa, dan sawah.

Demikian isu mengenai Objek Wisata Pura Besakih, segala isu dari artikel ini diambil dari banyak sekali sumber. Semoga Bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.

Artikel Terkait

Objek Wisata Pura Agung Besakih Bali
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email