Minggu, 21 April 2019

Gua Rancang Kencono


Objek Wisata Gua Rancang Kencono - Goa Rancang Kencono merupakan obyek wisata goa yg terdapat di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunugkidul, Yogyakarta. Obyek wisata ini belum begitu terkenal, akan tetapi aslinya goa ini berada pada satu daerah dg destinasi wisata yg cukup populer yaitu Air Terjun Sri Gethuk.

Sejarah Goa Rancang Kencono

Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu wilayah yg termasuk dalam Kawasan Karst Pegunungan Sewu dg panorama alam yg unik. Selain fenomena di permukaan (eksokarst) yg berbentuk perbukitan karst, di Kabupaten Gunungkidul juga terdapat fenomena di bawah permukaan (endokarst) yg berbentuk sungai bawah tanah, lembah, telaga, sampai luweng dan gua. Karena itu tak heran jikalau Gunungkidul mempunyai banyak gua yg tersebar di perut bumi. Salah satu gua yg sanggup dimasuki siapa saja tanpa peralatan khusus ialah Gua Rancang Kencono yg terletak di Desa Wisata Bleberan, Kabupaten Gunung Kidul.


Berdasarkan buku "Mozaik Pusaka Budaya Yogyakarta" yg disusun oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta, Gua Rancang Kencono merupakan gua purba sejajar dg Gua Braholo yg terdapat di Kecamatan Rongkop, hal ini didasarkan pada inovasi artefak dan tulang belulang yg diperkirakan hidup pada ribuan tahun yg lalu. Gua yg mempunyai ruangan luas dan lapang dg pohon klumpit yg diperkirakan sudah berusia lebih dari 2 kala ini pernah dijadikan sbg tempat persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram pada ketika menyusun rencana untuk mengusir Belanda dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Karena dipakai untuk merancang seni administrasi demi tujuan mulia maka gua ini dinamakan Gua Rancang Kencono.

Untuk memasuki Wisata Alam Gua Rancang Kencono cukup menuruni tangga kerikil yg sudah dibangun semenjak dulu. Sebatang pohon klumpit yg tingginya sudah melampaui atap gua menyambut dg gagahnya. Lubang besar jawaban lapuk terlihat di batang pohon menjadi penanda usianya yg sudah renta. Gua Rancang Kencono mempunyai sebuah pelataran atau ruang yg luas dan sanggup dipakai untuk mengadakan pertemuan. Stalaktit tampak menghiasi langit-langit gua, banyak diantaranya sudah mati sehingga tidak terlihat lagi air yg menetes. Di sebelah ruangan yg luas terdapat ruang kecil dan sempit serta gelap gulita. Untuk memasuki ruang ini harus melewati sebuah celah kecil dg merunduk. Di dalam ruang yg sempit ini terdapat lukisan bendera merah putih serta kata-kata penyemangat yg ditujukan kepada para pejuang. 

Selain relung gua yg sempit dan gelap, di sisi lain juga terdapat lorong yg konon menghubungkan Gua Rancang Kencono dg Air Terjun Sri Gethuk. Saat memasuki lorong tersebut harus berjalan jongkok bahkan sesekali merangkak alasannya ialah langit-langitnya sangat pendek. Menurut pengelola, sebagian lorong tersebut telah runtuh sehingga tidak sanggup ditelusuri. Saat malam menjelang, Gua Rancang Kencono yg disinari samar cahaya bulan terlihat mistis sekaligus eksotis.

Demikian sekilas mengenai Gua Rancang kencono, segala informasi mengenai objek wisata ini di rangkum dari banyak sekali sumber. supaya ulasan singkat ini sanggup menjadi acuan bagi anda untuk mengenal lebih akrab mengenai Keindahan Gua Rancang Kencono yg Eksotis. supaya bermanfaat.

Baca juga: Objek Wisata Goa Selarong, Bantul, Yogyakarta


Artikel Terkait

Gua Rancang Kencono
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email