Sabtu, 04 Mei 2019

Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Bahtera

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat  Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat - Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yg terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dg rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian 2.084 meter.

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat  Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Bentuk Tangkuban Perahu yaitu Stratovulcano dg sentra erupsi yg berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yg dikeluarkan melalui letusan kebanyakan yaitu lava dan sulfur, mineral yg dikeluarkan yaitu sulfur belerang, mineral yg dikeluarkan ketika gunung tidak aktif yaitu uap belerang. Daerah Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya yaitu 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat  Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Sejarah Gunung Tangkuban Perahu
Sejarah asal ajakan Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dg legenda Sangkuriang, yg dikisahkan jatuh cinta kepada ibunya, Dayg Sumbi. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayg Sumbi mengajukan syarat supaya Sangkuriang membuat. bahtera dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang murka dan menendang bahtera itu sehingga mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yg kemudian membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

Wisata Alam Tangkuban Perahu Jawa Barat  Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu ini termasuk gunung api aktif yg statusnya diawasi terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih mengatakan tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda kegiatan gunung berapi ini yaitu munculnya gas sulfur dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya yaitu di kasawan Ciater, Subang.


Keberadaan gunung ini serta bentuk topografi Bandung yg berupa cekungan dg bukit dan gunung di setiap sisinya menguatkan teori keberadaan sebuah telaga besar yg sekarang merupakan daerah Bandung. 

Diyakini oleh para hebat geologi bahwa daerah dataran tinggi Bandung dg ketinggian kurang lebih 709 m di atas permukaan bahari merupakan sisa dari danau besar yg terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung api purba yg dikenal sbg Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Perahu merupakan sisa Gunung Sunda purba yg masih aktif. Fenomena menyerupai ini sanggup dilihat pada Gunung Krakatau di Selat Sunda dan daerah Ngorongoro di Tanzania, Afrika. Sehingga legenda Sangkuriang yg merupakan dongeng masyarakat daerah itu diyakini merupakan sebuah dokumentasi masyarakat daerah Gunung Sunda Purba terhadap kejadian pada ketika itu.

Rute Transportasi
Rute jalan untuk hingga di kawasan obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu yaitu melewati pintu tol Pasteur, dilanjutkan ke Jl. Dr. Djunjunan - lanjut ke Pasirkaliki - melewati Sukajadi - Setiabudi - Lembang kemudian hingga ke lokasi Tangkubanparahu (Gerbang Atas).

Bila keluar melalui pintu tol Padalarang (via Cipularang), sanggup ambil arah ke Cimahi kemudian belok ke kiri melalui Jl. Kolonel Masturi, kemudian terus saja ikuti jalan Kolonel Masturi hingga ujungnya (melewati daerah kecamatan Cisarua dan kecamatan Parongpong, Kab. Bandung Barat), kemudian ketika bertemu pertigaan Jl. Raya Lembang, belok kiri dan terus saja ikuti jalan melewati markas Brimob dll., ketika sudah melewati plang Tahu Tauhid di sebelah kiri maka sekitar 200 meter lagi akan hingga di Gerbang susukan ke wisata kawah Tangkuban Perahu (kiri jalan).

Demikian sekilas mengenai Gunung Tangkuban Perahu Jawa Barat, segala gosip mengenai objek wisata ini dirangkum dari banyak sekali sumber. biar ulasan singkat ini sanggup menimbulkan acuan bagi anda untuk mengenal lebih bersahabat mengenai Pesona Keindahan Objek Wisata Tangkuban Perahu Jawa Barat. Terima Kasih atas kunjungannya dan biar bermanfaat.

Baca juga : Kawah Putih Ciwidey Yang Eksotis

Artikel Terkait

Menikmati Pesona Keindahan Alam Tangkuban Bahtera
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email