Kamis, 11 April 2019

Pantai Baron Gunung Kidul, Menikmati Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis



Obyek Wisata Pantai Baron - Pantai Baron merupakan salah satu objek wisata pantai di Gunungkidul yg menunjukkan pesona keindahan alamnya yg cukup mempesona, pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul atau kurang lebih 20 km arah selatan dari kota Wonosari atau sekitar 65 km dari Kota Yogyakarta. 

Selain mempunyai panorama alam yg cukup indah dg bentangan pasir putihnya yg luas serta deburan ombak yg menantang, Kawasan Wisata Pantai Baron Jogja ini juga terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yg mengalir ke maritim yg sanggup dipakai untuk pemandian sesudah bermain di sekitar pantai. Selain itu wisatawan juga sanggup menikmati aneka ikan maritim segar maupun siap saji alasannya ialah di Pantai Baron telah terdapat akomodasi berupa daerah pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, bahtera bermesin, dan juga gugusan toko yg menunjukkan banyak sekali jenis cinderamata mulai dari buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan banyak sekali macam cinderamata yg terbuat dari kerang laut. Cinderamata berbahan. kerang yg banyak dijual di Pantai Baron Gunungkidul ini ialah bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka abjad binatang yg juga terbuat dari kerang laut.

Ada hal yg menarik di Kawasan Pantai Baron Jogja ini, pada setiap bulan Syuro tahun Jawa masyarakat nelayan sekitar Pantai Baron menyelenggarakan Upacara Sedekah Laut yg merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas panenan ikan yg melimpah dan keselamatan dikala mencari ikan di laut.

Sebelumnya, sbgan besar dari penduduk di sekitar Pantai Baron bukanlah nelayan melainkan petani yg mengolah kebun. Suatu ketika ada seseorang yg memulai menangkap ikan di pinggiran pantai dan mendapat banyak ikan, lalu banyak penduduk yg mengikuti orang tersebut untuk menangkap ikan.Semakin lama, ikan di pinggir pantai semakin sedikit lalu penduduk mencoba menangkap ikan ketengah maritim memakai rakit kayu. Adanya kapal di pantai ini alasannya ialah suatu ketika terjadi bencana nelayan yg dikala menangkap ikan di tengah maritim digigit oleh ikan hiu maka kabar ini pun tersiar di mana-mana dan menyebabkan pemerintah menyumbangkan bahtera untuk nelayan Pantai Baron.

Akses Menuju Lokasi Wisata Pantai Baron Gunung kidul

Untuk menuju ke Lokasi Kawasan Wisata Pantai Baron, ada beberapa pilihan transportasi yg sanggup gunakan. Seperti  memakai taksi, bus umum, atau kendaraan pribadi baik kendaraan beroda empat maupun motor. Anda yg hendak ke Pantai Baron dg memakai kendaraan umum, jalur kendaraan umum yg sanggup Anda tempuh adalah: Dari Stasiun Tugu menuju Terminal Giwangan ditempuh dg bus Trans-Jogja jurusan 1A, di shelter Bandara Adisucipto Anda harus pindah bus jalur 3B—jalur bus yg menuju Terminal Giwangan. Biaya sekali jalan ialah Rp 3.000,00-. Dari Bandara Adisucipto, Anda sanggup eksklusif naik bus Trans-Jogja jalur 3B eksklusif ke Terminal Giwangan. Ongkos bus dari bandara ke Terminal Giwangan ialah Rp 3000,00-. Sesampainya di Terminal Giwangan, Anda sanggup naik minibus jurusan Yogyakarta-Wonosari dg jarak tempuh antara 1 hingga 2 jam. Setelah hingga di Wonosari, perjalanan dilanjutkan dg minibus yg menuju Obyek Wisata Pantai Baron.Lihat juga Pantai Krakal Jogja, Wisata Pantai Dengan Pesona Alamnya yg Mempesona
Demikian sekilas mengenai Wisata Pantai Baron, biar ulasan ihwal Pantai Baron Gunung kidul, Menikmati  Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis ini sanggup menjadi rujukan bagi anda untuk mengenal lebih akrab wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul ini. Semoga bermanfaat dan selamat berkunjung.

Artikel Terkait

Pantai Baron Gunung Kidul, Menikmati Muara Sungai Bawah Tanah Yang Eksotis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email