Senin, 10 Juni 2019

9 Pantai Indah Dan Bagus Di Gunungkidul


9 Pantai Indah dan Cantik di Gunungkidul - Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu wilayah yg terdapat di Propinsi Yogyakarta yg paling banyak mempunyai objek wisata pantai, setidaknya terdapat 9 pantai yg indah dan anggun dg mengatakan keindahan hamparan pasir putih dan deburan ombak yg siap memanjakan anda. Bagi anda yg ingin berwisata ke pantai bersama keluarga ataupun kerabat, Berikut ini 9 Pantai Indah dan Cantik di Kabupaten Gunungkidul yg dihentikan anda lewatkan :

1. Pantai Baron
Pantai Baron yg terletak kurang lebih 40 km dari Yogyakarta ini menyimpan pesona alam yg sangat indah, di Pantai Baron ini terdapat sebuah muara sungai bawah tanah yg sanggup dipakai untuk pemandian sehabis bermain di laut. Selain itu wisatawan juga sanggup menikmati aneka ikan maritim segar maupun siap saji, dg harga terjangkau, termasuk sajian khas Pantai Baron yaitu Sop Kakap. Pada sisi sebelah timur sanggup dicapai melalui jalan setapak yg melingkar terdapat bukit kapur wisatawan sanggup beristirahat di gardu pandang, sambil menghirup udara pantai yg menyegarkan.

2. Pantai Krakal
Pantai Krakal merupakan obyek wisata pantai dg pasir putih yg diselingi dg karang. Pantai Krakal terbentang di ujung dari rangkaian pantai di sisi tenggara Gunungkidul, diantaranya Pantai Baron dan Kukup. Pantai Krakal terletak diwilayah desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari sekitar 65 km dari kota Yogyakarta yg sanggup ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam.

Panjang Pantai Krakal yg mencapai 40.000 meter membuat. pantai ini menjadi yg terpanjang di Kabupaten Gunungkidul. Beberapa pendapat bahkan tanpa ragu menyebut Krakal sbg yg terindah. Sisi barat dan timurnya dibatasi dg tebing karang.

Ada satu hal yg unik di Krakal, yaitu munculnya bermacam-macam ikan hias di wsaya tertentu. Ketika situasi maritim sedang surut, muncullah ikan hias menyerupai Kepe, Bustum dan Pogat yg mempunyai ukuran besar serta ikan hias Tliger yg kecil. Munculnya ikan hias biasanya bersamaan dg munculnya lumut dikala ekspresi dominan kemarau datang. Ikan-ikan ini juga lebih banyak bermunculan dikala awal bulan dibanding tamat bulan.

3. Pantai Drini
Pantai Drini, pantai yg terletak diwilayah Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul ini mempunyai keistimewaan tersendiri yaitu terdapat sebuah pulau karang yg ditumbuhi pohon Drini.

Seperti halnya pantai lain yg ada di Kabupaten Gunungkidul, Pantai Drini juga dikelilingi dg panorama hamparan pasir putih dan batu  karang yg berdiri kokoh menantang derasnya hantaman ombak. Ada keunikan yg sanggup dilihat di Obyek Wisata Pantai Drini, yaitu Pantai Drini diliputi pasir putih yg terbagi menjadi dua bagian, sisi sebelah barat dan sisi sebelah timur, dimana kedua bab tersebut mempunyai huruf yg berbeda.

Pada bab pantai sisi sebelah barat, terdapat hamparan pantai yg memanjang. Sedangkan pada sisi sebelah timur, terdapat teluk kecil yg menghadap ke arah tenggara. Tiap sisi bab maritim dipisahkan oleh sebuah watu karang besar. Jika air sedang surut, pemisahan Pantai Drini pada sisi sebelah barat dan timur tidak terlihat jelas. Tapi pada dikala air maritim sedang pasang, maka lambat laun pemisahan ini akan terperinci terlihat alasannya ialah air maritim dari sisi timur akan naik secara perlahan.

Selanjutnya, melalui sebuah alur, air ini akan bergerak menuju kearah barat dan menggenangi beberapa bab pantai. Genangan ini jadinya akan menghalangi pengunjung yg ingin pergi ke pantai sebelah barat sehingga mereka harus memutar jalan. Dan pada akhirnya, genangan air ini akan membuat. karang besar yg mulanya sbg pemisah akan terlihat menyerupai sebuah pulau kecil di tengah Pantai Drini.

4. Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti mempunyai konsep yg berbeda dibandingkan dg pantai-pantai yg ada di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Walaupun sama-sama mempunyai hamparan pasir putih dan batuan karang, namun Pantai Indrayanti mempunyai nuansa yg berbeda, sanggup dikatakan pantai kutanya Yogyakarta. untuk menarik wisatawan baik gila maupun lokal pihak pengelola mengatakan sentuhan yg terlihat modern, hal tersebut sanggup dilihat pada penataan lokasi serta penyediaan kemudahan untuk menunjang para pengunjung di Obyek Wisata Pantai Indrayanti.

Saat anda memasuki lokasi Wisata Pantai Indrayanti, terlihat restoran berjejer rapi di sepanjang pinggir pantai, tak ketinggalan juga hamparan pasir putih dan watu karang yg semakin menyebabkan Pesona Pantai Indrayanti terlihat indah yg tidak akan pernah ditemui di pantai-pantai yg ada di Kabupaten Gunungkidul.

5. Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan  Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Wisata pantai yg masih tergolong gres ini mempunyai garis pantai yg panjang diantara pantai-pantai yg ada di wilayah kabupaten Gunungkidul dg menawawarkan keindahan alam dg hamparan pasir putih yg higienis disepanjang pantai, banyak orang menyebutnya Pantai Kutanya Yogyakarta.

Wisata pantai Sepanjang tidak mengatakan hal-hal yg modern menyerupai adanya café-café ataupun cottage mewah, tetapi di pantai ini mengatakan kedekatan terhadap alam, hal ini terlihat tidak adanya bangunan permanen yg berdiri di pinggir pantai, yg terlihat hanyalah beberapa gubuk yg ditinggali oleh masyarakat sekitar. Di Obyek Wisata Pantai Sepanjang anda juga masih sanggup menemui banyak sekali jenis hewan maritim dan kerang-kerangan, tetapi anda harus berhati-hati alasannya ialah masih banyaknya landak maritim dg durinya yg tajam.

6. Pantai Sundak
Pantai Sundak terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, punya legenda. Nama Sundak konon berasal dari perkelahian antara anjing yg dalam bahasa Jawa ialah asu dan landak. Maka kemudian, kedua hewan tersebut disingkat menjadi Sundak.

Pantai Sundak mempunyai panorama alam yg sangat indah. Maka tak heran bila belakangan pantai ini menjadi wisata alam unggulan di Kabupaten Gunungkidul. Kolaborasi antara pasir putih yg landai dan air maritim yg jernih membuat. daya tarik tersendiri di pantai ini.

Di pantai ini Anda akan disuguhkan bukit-bukit kapur yg eksotis dan sering dipakai sbg lokasi pemotretan. Pantai Sundak juga mempunyai gua dg sumur mata air tawar yg menjadi sumber mata air penduduk sekitar.

7. Pantai Siung
Pantai Siung terletak di wilayah terpencil di Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah selatan kecamatan Tepus. Jaraknya sekitar 70 km dari sentra kota Yogyakarta, atau sekitar 2 jam perjalanan.

Panorama alam yg cukup menonjol dari Pantai Siung ialah watu karangnya. Karang-karang yg berukuran raksasa di sebelah barat dan timur pantai mempunyai tugas penting, tak cuma menjadi penambah keindahan dan pembatas dg pantai lain. Karang itu juga yg menjadi dasar penamaan pantai, saksi kejayaan wilayah pantai di masa lampau dan pesona yg membuat. pantai ini semakin dikenal, setidaknya di wilayah Asia.

8. Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran merupakan salah satu kawasan wisata yg terletak di Desa Kanigoro, kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul,  2 km dari pantai Ngrenehan.

Pantai ini sangat indah bila air surut maka tampaklah kolam kolam kecil yg terbentuk dari karang karang yg tertutp oleh alga (rumput maritim ) dan terdapat banyak biota maritim lainnya yg mungkin terjebak di kolam karang tersebut. Hal inilah yg menopang kehidupan nelayan darat yakni para nelayan yg tidak memerlukan kapal atau bahtera untuk mendapat hasil maritim cukup beraktifitas dipinggir pantai. Biota maritim yg sering di sanggup ialah Lobster, landak laut, kerang-kerangan, bintang maritim dan rumput maritim itu sendiri tentunya

Pantai Ngobaran merupakan pantai yg cukup eksotik di Kabupaten Gunungkidul. Belum banyak yg tahu perihal pantai ini dibandingkan dg Pantai Baron ataupun pantai-pantai yg ada di Kabupaten Gunungkidul. Padahal keindahan pantai dan wilayah sekitarnya tidak kalah menarik dg pantai-pantai yg ada di Gunungkidul. Saat berkunjung ke Pantai Ngobaran anda akan disuguhkan panorama tebing atau bukit-bukit watu yg berada di sekitar pantai. Dari sisi lain akan terlihat pantai dg tebing-tebing menawan dipadu pohon pandan besar dan tanaman khas lainnya.

9. Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta atau sekitar 60 km dari sentra kota Yogjakarta.

Masih belum banyak orang yg tau keberadaan pantai ini, alasannya ialah letaknya yg tersembunyi, melewati jalan kecil yg meliuk dan berombak, dan masih belum terdapat sarana transportasi yg menuju pribadi ke lokasi Pantai Ngrenehan.

Di pantai ini anda akan sanggup menikmati sajian sajian hasil laut, alasannya ialah di Pantai Ngrenehan juga terdapat kawasan pelelangan ikan, sehingga anda sanggup pribadi membeli aneka hasil maritim yg masih segar. Dan untuk anda yg tidak mau repot masak sendiri, terdapat warung-warung makan yg menyediakan aneka masakan olahan hasil maritim juga. Tak heran, alasannya ialah di sekitar pantai ini terdapat kampung nelayan.

Selain itu anda juga sanggup menikmati keindahan di sekitar pantai, bermain-main di pasirnya yg putih, menikmati deburan ombak yg menabrak karang sampai memancing di batu-batu karang. Dan, anda juga sanggup menikmati pantai ini dari ketinggian, yaitu dari sebuah bukit yg berada di sekitar pantai.

Artikel Terkait

9 Pantai Indah Dan Bagus Di Gunungkidul
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email